Dari Netizen, untuk PSSI

Tren Isu
Perbincangan warganet tentang PSSI dalam lima bulan terakhir di twitter cukup ramai. Kuantitas pembicaraan di akhir tahun 2019 sangat berbeda dengan 3 bulan pertama di tahun 2020. Beberapa peristiwa penting yang terjadi di akhir 2019 seperti Kualifikasi Piala Dunia 2020 dan KLB menjadi faktor perbincangan meningkat.

Alur Tren Isu
- Indonesia kalah 1–3 dari Vietnam dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia (15/10)
- Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia u-20 (24/10)
- Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI dan Terpilihnya Mochamad Iriawan sebagai
Ketum PSSI (2/11)
- Indonesia kalah 0–2 dari Malaysia dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia (19/11)
- Kerusuhan antara Supporter Indonesia dan Malaysia pada pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia (19/11)
- Kutukan keras terhadap Aksi Kekerasan Pendukung Malaysia ke Suporter Indonesia (21/11)
- PSSI resmi menunjuk Shin Tae-yong menjadi pelatih Timnas Indonesia (28/12)
- Dua program PSSI untuk kompetisi perempuan, yakni Liga 1 Putri dan Piala Pertiwi pada tahun 2020 (1/2)

GEOMAP Tweet
Tweet tentang PSSI cukup tersebar di seluruh Indonesia. Wilayah Jawa mendominasi percakapan ini di twitter. Selain itu, warganet dari Provinsi Sulawesi Selatan dan Sumatera Utara menjadi wilayah di luar Jawa yang paling banyak membicarakan topik yang berhubungan dengan PSSI di twitter.

Selain di Indonesia, percakapan warganet twitter tentang PSSI juga berasal dari negara di Benua Asia, Amerika, dan Eropa. Beberapa negara tersebut seperti Malaysia, Singapura, Amerika Serikat, Inggris, dan Italia.

Sentimen
Mayoritas warganet memberi tanggapan negatif terhadap topik-topik yang berhubungan dengan PSSI. Sedangkan sebagian kecil lainnya menuliskan tweet bernada positif dan netral terhadap topik tersebut. 

Emotion
Mayoritas topik yang menjadi perbincangan warganet tentang PSSI diwarnai dengan emosi kemarahan. Selain perasaan marah, kuantitas emosi tweet warganet relatif setara.

Wordcloud
Ketum PSSI Mochamad Iriawan menjadi orang yang paling banyak disebut warganet dalam perbincangan tentang PSSI. Selain itu, Kualifikasi Piala Dunia 2020 dan Tuan Rumah Piala Dunia U-20 menjadi topik yang paling banyak dibahas.

Top Hashtag
Beberapa hashtag digunakan untuk menyertai tweet. Sebagai hashtag tetap PSSI, “#PSSINow” menjadi hashtag paling banyak digunakan dalam tweet. Selain itu, ada beberapa hashtag insidental seperti “#RIPAlfin” yang digunakan saat berduka atas meninggalnya pemain timnas u-16 Alfin Lestaluhu; dan “#kitabisaapa” yang dipopulerkan dalam salah satu episode Mata Najwa.

Sekilas tentang Drone Emprit Academic
Drone Emprit Academic adalah sebuah sistem big data yang menangkap dan menganalisis percakapan di media sosial khususnya Twitter, yang dikembangkan oleh PT Media Kernels Indonesia, dan dipasang di data center Badan Sistem Informasi (BSI) Universitas Islam Indonesia. Drone Emprit menggunakan layanan API (Applications Programming Interface) dari Twitter untuk menangkap percakapan secara semi realtime melalui metode streaming.

Demikian analisis saya terhadap percakapan netizen tentang PSSI di media sosial Twitter. Semoga bermanfaat.


Referensi:
Ismail Fahmi, 2017. Drone Emprit: Konsep dan Teknologi. IT Camp on Big Data and Data Mining.