Melihat Interaksi dan Pesan yang Diusung Pendukung Khilafah

Khilafah hingga hari ini menjadi musuh bersama bagi NKRI. Para pendukungnya terus berupaya untuk menegakkan ideologi ini di Indonesia yang majemuk. Tulisan ini dibuat atas keingin-tahuan saya atas aktifitas kelompok ini di media sosial. Media sosial yang dipilih adalah Twitter. Twitter dipilih karena kemudahan dalam akses datanya. Platform yang saya gunakan adalah platform media kernel drone emprit. Drone emprit memberi akses kepada anggotanya untuk mendapatkan dan menggunakan data yang berhasil digali.

Data twit yang diambil adalah 2 bulan terakhir twit yang menggunakan tagar #khilafahajaranislam. Jumlah keseluruhan twit yang berhasil ditambang adalah 107.983 twit. Tagar ini pada tanggal 27 Desember 2019 mencapai 79.891. Jika diperhatikan, angka tersebut menyumbang 75% dari keseluruhan twit yang berhasil dicuitkan. Terjadi penggerakan pengguna yang cukup siginifikan. Interaction rate juga tercatat hanya 1,24. Nilai ini menunjukkan rendahnya interaksi di dalam kelompok. Bisa diasumsikan bahwa tujuan dinaikkannya tagar ini hanya untuk menunjukkan kekuatan kelompok.

 


Selain menaikkan tagar #khilafahajaranislam, kelompok ini juga sekaligus menaikkan tagar #berkahdengansyariahkaffah. Tagar kedua ternyata memiliki jumlah cuitan yang lebih banyak. Dari data tangkapan DE (Drone Emprit), tagar yang dinaikkan juga cukup banyak. Namun terlihat dua tagar tersebutlah yang mendominasi.

  Diterbitkan oleh Medium (https://medium.com/@rluthfi65/melihat-interaksi-dan-pesan-yang-diusung-pendukung-khilafah-e02f2e56783) pada 24/01/2020