Multi Perspektif dalam Trendingnya Reynhard Sinaga

Multi Perspektif dalam Trendingnya Reynhard Sinaga

Oleh : Clarisza Isabel A.

 

Beberapa waktu lalu, publik dikejutkan dengan pemberitaan mengenai seorang WNI berusia 36 tahun bernama Reynhard Sinaga. Pengadilan Inggris memvonis Reynhard Sinaga mendekam seumur hidup dibalik jeruji besi karena kasus pemerkosaan. Yang mengejutkan, jumlah korbannya adalah 136 pria di Manchester, Inggris. Kasus Reynhard Sinaga menjadi topic hangat di Inggris maupun Indonesia. Terutama di media social Twitter. Bagaimana awalnya kasus ini menjadi ramai diperbinangkan netizen Indonesia di Twitter? Apa saja perspektif yang mendominasi percakapan tersebut? Dan apakah dengan adanya multi perspektif ini, ada satu “kesepakatan” pendapat diantara netizen ?

 

Tren & Volume

 

Kasus Reynhard Sinaga, menurut data yang didapatkan oleh Drone Emprit, mendapatkan perhatiaan sangat besar dari netizen di Twitter. Dari tanggal 1-11 Januari 2020, terdapat lebih dari 92 ribu Tweets mengenai Reynhard Sinaga. Tidak heran, nama Reynhard Sinaga masuk dan bertahan dalam Trending Twitter.

 
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

            Tren mengenai Reynhard Sinaga ini dimulai sejak tanggal 6 Januari 2020. Saat itu BBC Indonesia mulai menaikkan berita kasus Reynhard Sinaga ke Twitter. Disaat yang sama kasus ini juga sedang di blow up di media massa, media daring dan media sosial di Inggris. Puncak ramainya percakapan ini terjadi pada tanggal 7 Januari 2020. Tidak hanya BBC Indonesia yang memberitakan kasus ini, media lain mulai ikut memberitakannya. Netizen juga mulai sharing opini dan komentar tentang kasus ini.

 
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Interaksi dan Isinya

 

            Percakapan mengenai Reynhard Sinaga didominasi dengan aktivitas retweets sebesar 96%. Sepertinya inilah salah satu alasan mengapa kabar mengenai Reynhard Sinaga dapat tersebar dengan cepat.

 

 

 

 

 

 

 

            Karena kabar mengenai Reynhard Sinaga ini bukan kabar baik, maka sentiment yang terbentuk pun mayoritas adalah sentiment negatif.

 
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

            Dari banyaknya tweets yang ada inilah 5 tweets yang paling banyak di retweet oleh netizen.

 
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lalu dalam trending "Reynhard Sinaga" ini, hal-hal apa saja yang banyak diperbincangkan?

1.      Mengenai kasus Reynhard Sinaga sendiri. Sebagai "rapist" dengan jumlah korban yang sangat banyak.

2.      Bahwa laki-laki juga bisa menjadi korban pemerkosaan

 
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.      Sexual orientation  pelaku  sebagai seorang gay. Yang kemudian dikaitkan dengan komunitas LGBT

4.      Latar belakang ekonomi Reynhard Sinaga

     
 
 
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5.      Perbedaan cara antara media massa Inggris dengan media massa di Indonesia dalam memberitakan kasus Reynhard Sinaga. Yang mana netizen menggaris bawahi bahwa media massa di Indonesia harus berbenah. Harus belajar dari media di Inggris. Menurut netizen, media di Inggris fokus pada kejahatan dan jumlah korban, tidak mengekspos jati diri korban, serta tidak memuat hal-hal lain yang tidak ada hubungannya dengan kasus ini

 
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lima poin tadi dapat dirangkum dalam satu Word Cloud menjadi :

 
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dari banyaknya perspektif yang muncul dalam  trending Reynhard Sinaga ini, adakah satu hal yang disepakati oleh netizen? Jika dilihat dari data Most Favorited,  dua tweets berikut ini adalah 2 tweets yang paling banyak di favoritkan oleh netizen diluar tweets berita.. Dapat disimpulkan, isi pesan dalam dua tweets inilah yang paling banyak disukai atau disetujui oleh netizen di Twitter.

 

 

 

 

 

 

 

 

Penutup

 

            Dari kasus yang dilakukan Reynhard Sinaga ini, Indonesia sepertinya perlu belajar dari Inggris tentang bagaimana menyikapi dan mengatasi kasus-kasus kejahatan. Terutama kasus-kasus pelecehan seksual. Bagaimana untuk tidak terburu-buru mem-blow up kasus tersebut sebelum benar-benar ada bukti kuat dan semua data terkumpul. Sehingga para korban tidak takut untuk melaporkan atau memberi kesaksian. Selain itu, dalam kasus seperti ini, korban perlu dilindungi terutama privasinya. Jangan sampai, untuk kebutuhan konten atau berita, korban terlalu diekspos. Tentu kalau hal seperti it uterus terjadi, akan menyulitkan pemulihan kondisi dari korban.  Pemberitaan di media juga ada baiknya apabila fokus hanya pada kasus yang terjadi. Sehingga, opini yang berkembang ke masyarakat tidak melebar pada hal-hal yang sebenarnya tidak perlu dikaitkan dengan kasus yang terjadi. Hal lain yang masyarakat dapatkan dari kasus ini adalah, semua orang apapun gendernya, haruslah berhati-hati. Siapapun bisa menjadi korban kejahatan seksual.

 

Penulis: Clarisza Isabel A.

Sumber data: Drone Emprit Academic

Diterbitkan oleh Drone Emprit Academic (https://www.academia.edu/41659112/Multi_Perspektif_dalam_Trendingnya_Reynhard_Sinaga) pada 17/01/2020