Pola percakapan CPNS 2019 di Media Sosial “Burung Biru” Twitter

Pola percakapan CPNS 2019 di Media Sosial “Burung Biru” Twitter
Pendaftaran CPNS 2019 sudah resmi ditutup tanggal 26 November kemarin. Obrolan mengenai CPNS periode ini dari temen-temen, grup WA atau sosial media lain memang tidak semasiv periode kemarin. Faktor utama mungkin adalah jumlah formasi yang ditawarkan tak sebanyak periode kemarin. Tetapi jumlah formasi yang tak banyak bukan jadi penghalang para calon pendaftar untuk mencoba peruntungan di CPNS 2019 ini. Penyebabnya ya tentu saja karena PNS masih menjadi pekerjaan yang didambakan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Menurut Sosiolog Universitas Airlangga (Unair) Bagong Suyanto, pekerjaan PNS memiliki daya tarik yang besar dikarenakan karakteristik psikologi sosial masyarakat yang menginginkan keamanan dan kestabilan keadaan ekonomi mereka1.
“Milenial lebih memilih pekerjaan yang fleksibel seperti start-up ketimbang menjadi PNS”.
Statement yang sering terhembus disosial media beberapa waktu terakhir, tetapi apa statement yang ini benar adanya? Saya mencoba melusuri intensitas percakapan CPNS 2019 melalui social media, yaitu Twitter. Twitter sendiri merupakan social media yang cukup popular di Indonesia, dimana menempati urutan keempat social media yang paling sering diakses oleh pengguna internet di Indonesia dibawah Youtube, Facebook dan Instagram2. Mayoritas penggunanya pun sebagian besar adalah generasi yang berada direntang umur 16-24 tahun sebanyak 42% disusul umur 25-34 sebanyak 36%3.
“Hasil analisis data Twitter”
Data twitter didapatkan dan dianalisis oleh Drone Emprit. Drone Emprit adalah sebuah nama dari sistem yang berfungsi untuk memonitor serta menganalisa media sosial dan platform online yang berbasis teknologi big data4. Drone Emprit mampu menganalisis dan memvisualisasikan data twitter dalam bentuk diagram maupun SNA. Beberapa hasil analisis data Twitter dari Drone Emprit adalah sebagai berikut, adapun data yang disajikan adalah tweet (percakapan) dalam rentang waktu pembukaan sampai penutupan pendaftaran CPNS 2019 (12-26 November 2019).
1. Jumlah percakapan dari tanggal 12 November sampai 26 November 2019 berjumlah 2100. Sejak pembukaan pendaftaran CPNS 2019 jumlah percakapan mengenai CPNS 2019 meningkat menjadi xxxx, puncak percakapan CPNS 2019 adalah sekitar tanggal 17-18 November 2019
 
2. Jumlah percakapan dari tanggal 12 November sampai 26 November 2019 berjumlah 2100. Mayoritas berbentuk retweet dari akun-akun yang memberikan informasi terkait CPNS 2019 seperti akun @BKNgoid (Akun resmi Badan Kepegawaian Nasional)
3. Top influncers di percakapan CPNS 2019 tidak didominasi oleh para public figure maupun selebtwit. Top influencers dalam percakapan ini adalah mas @bagusprastomo disusul oleh @BKNgoid. Top influencer disini membagikan informasi-informasi terkait CPNS 2019 seperti pendaftaran sedangkan mas @bagusprastomo dan mbak @btarynadia membagikan informasi seputar tips-tips lolos PNS. Baik mas @bagusprastomo maupun mbak @btarynadia tidak termasuk dalam klasifikasi selebtwit mengingat jumlah followers dibawah 1K.
4. Para netizen sebagaian besar menanggapi topik CPNS 2019 dengan netral. Secara kasar tidak ada perbedaan yang jelas antara sentiment netral dan positif, keduanya adalah tweet yang berisi informasi terkait pendaftaran PNS. Untuk sentiment negative ada beberapa yang berisi kekecewaan terkait guru honorer.
 
 
5. Jika dilihat berdasarkan lokasinya, percakapan ini sebagian besar berada di Pulau Jawa. DKI Jakarta, Jawa Barat lalu Jawa Timur yang secara berutuan merupakan lokasi dengan jumlah tweet terbanyak untuk topik CPNS 2019. Faktor utama dari kejadian ini bisa disebabkan jumlah penduduk dan pengguna twitter yang banyak di kota-kota besar.
 
Peta persebaran tweet dengan topik CPNS 2019
 
Penutup
Jumlah percakapan topik CPNS 2019 secara umum memiliki jumlah yang tinggi. Topik percakapan yang cukup heboh pada bulan November adalah topik mengenai Perppu KPK, topik ini hanya memiliki percakapan tertinggi sekitar 1600 sedangkan topik CPNS mencapai 2100. Topik CPNS kalah dengan topik BPJS yang memiliki percakapan tertinggi sekitar 6900 percakapan.
Lalu apakah itu berarti pekerjaan PNS kurang diminati? Ya tentu saja tidak. Hasil dari analisis data saat ini belum ada indikasi untuk mengetahui apakah pekerjaan PNS masih menjadi favorit atau tidak. Solusi untuk mengetahui indikasi tersebut, bisa dilakukan komparasi dengan topik yang bersebrangan seperti wirausaha maupun start-up.
1. Arnani, M. 2018. Rekrutmen CPNS Masih Menarik Minat Masyarakat, Ini Penjelasan Sosiolog. nasional.kompas.com/read/2018/09/07/13214311/rekrutmen-cpns-masih-menarik-minat-masyarakat-ini-penjelasan-sosiolog?page=all
2. Kepios, We Are Social and Hootsuite Inc. 2019. DIGITAL 2019 ALL THE DATA AND TRENDS YOU NEED TO UNDERSTAND INTERNET, SOCIAL MEDIA, MOBILE, AND E-COMMERCE BEHAVIOURS IN 2019
3. Rizal, A. 2019. Pengguna Twitter di Indonesia Paling Banyak Pria daripada Perempuan. https://infokomputer.grid.id/read/121705568/pengguna-twitter-di-indonesia-paling-banyak-pria-daripada-perempuan?page=all
4. Fahmi, I. 2017. Drone Emprit, Konsep dan Teknologi. slideshare.net/IsmailFahmi3/drone-emprit-konsep-dan-teknologi