Pola Percakapan Tentang Pendaftaran CPNS 2019 Di Sosial Media

Tahun 2019 ini pemerintah kembali membuka kesempatan bagi putra putri Indonesia yang ingin berkarir sebagai Pegawai Negeri Sipil. Pendaftaran yang mulai di buka pada 11 November 2019 ini menimbulkan banyak sekali percakapan-percakapan di jagat dunia maya, terutama pada platform sosial media Twitter. Penulis mencoba melihat pola percakapan di sosial media terutama twiter ini dengan menggunakan tools yang disediakan oleh Drone Emprit. Dengan layanan yang disediakan oleh Drone Emprit, penulis melihat fenomena percakapan tentang pendaftaran CPNS 2019 yang dirasa menarik ini. 

Selama sebulan terakhir, tak kurang dari 15 ribu percakapan terjadi di jagat twitter membicarakan tentang pendaftaran CPNS 2019 ini

1

Percakapan paling intensif terjadi pada tanggal 17 November yang membicarakan seputar tips dan trik mengerjakan soal-soal tes CPNS.

2

Pola percakapan yang terjadi berupa jumlah mention sebanyak 5.471 (36,16%), Reply sebanyak 1.518 (10,03%), dan Retweet  sebanyak 8.143 (53,81%). Dengan banyaknya jumlah retweet artinya banyak tweet yang di posting kembali. Ternyata tweet yang banyak di retweet ialah berasal dari akun @bagusprastomo dimana tweet tersebut berisi informasi terkait tips dan trik menghadapi tes CPNS.

 

3

Dengan demikian topic pembicaraan yang paling menonjol ialah seputar tips dan trik dalam menghadapi tes CPNS. Kemudian akun paling aktif dalam percakapan seputar CPNS 2019 ini ialah akun CPNS 2019 (@CPNSKe2019). Akun ini sangat sering membagiakan tips dan trik menghadapi ujian CPNS.

4

Sementara yang menjadi Top influencer menurut data dari Drone Emprit ialah akun @bagusprastomo dengan total RT+Reply sebanyak 2.766

 

Bahkan, akun @bagusprastomo ini lebih banyak menyita perhatian dibandingkan dengan akun resmi dari BKN (Badan Kepegawaian Negara) yang merupakan penyelenggara dari pembukaan CPNS 2019 ini.

6

Dengan demikian, penulis mengambil kesimpulan bahwa warganet lebih tertarik untuk menanggapi postingan-postingan terkait tips dan trik mengerjakan tes CPNS daripada menanggapi postingan-postingan yang resmi dikeluarkan oleh akun BKN.